Rapat Koordinasi Manajemen Logistik dan Peralatan Penanggulangan Bencana tgl 01 Agustus 2019

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Palu, 01 Agustus 2019

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Palu Bidang Kedaruratan dan Logistik mengadakan Rapat Koordinasi Manajemen Logistik dan Peralatan Penanggulangan Bencana bertempat di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Palu.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah pendistribusian bantuan logistik dan peralatan dapat dilaksanakan secara cepat, tepat, terpadu, efektif dan efisien.

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa OPD terkait yakni Badan Lingkungan Hidup (BLH), Damkar, PMI, Bappeda, Kodim Wirabuana,  Polres Kota Palu, Aparat Kecamatan dan Kelurahan.

Dalam pengantarnya Kalaksa BPBD Presly Tampubolon, SE memberikan sedikit pernyataan bahwa saat musibah bencana yang menimpa Kota Palu 28 September 2018 silam telah memberi pelajaran buat kita bagaimana sebenarnya pengelolaan logistik dan peralatan pada keadaan darurat bencana bisa kita kelola dengan baik. Mulai dari   tahap perencanaan, pengadaan, pergudangan, pendistribusian, pengangkutan, sampai dengan penerimaan di tujuan, serta penghapusan dan pertanggung jawaban,  sehingga diharapkan kita akan mampu menata/mengelola logistik secara efektif dan efisien, tertib dan akuntabel.

Sementara itu Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Palu, Bambang Syabarsah, SH mengatakan sangat mengharapkan bahwa semua OPD/peserta  yang hadir dapat memanfaatkan pertemuan ini sebagai sarana dialog, menyamakan persepsi dan berbagi pengalaman dalam hal pengelolaan logistik kebencanaan.

Kami mengharapkan masukan/saran untuk secara bersama-sama merumuskan Standar Operasional Prosedur (SOP) pengelolaan logistik ke depan agar dapat melaksanakan manejemen logistik yang baik dalam menghadapi bencana.

Terkait dengan tugas pokok dan fungsi logistik, dari semua peserta yang hadir dapat saling sering pendapat dalam hal pengelolaan logistik dari tahapan analisis kebutuhan logistik, pencatatan dan pendistribusian logistik bencana.

Juga diharapkan OPD terkait saling memberi data ketersediaan SDM dan peralatan agar dapat diinvetarisir kekuatan apa saja yang dimiliki Kota Palu dalam hal logistik dan peralatan yang bisa digunakan jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply