Diseminasi Informasi Inovasi Teknologi, Kolaborasi Apik BPBD Kota Palu dan BNPB

By Web Admin 15 Des 2023, 08:34:02 WIB Pusat Data Informasi dan Kebencanaan
Diseminasi Informasi Inovasi Teknologi, Kolaborasi Apik BPBD Kota Palu dan BNPB

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu berkolaborasi dengan BNPB dalam rangka mempersiapkan tantangan menghadapi bencana alam di wilayahnya.

Kegiatan bertajuk INOVTEK (Inovasi Teknologi) ini merupakan salah satu implementasi dari Indonesia Disaster Resilience Initiatives Project (IDRIP) di Kota Palu tahun 2023.

Tujuan FGD dan Survey ini untuk menggali lebih dalam mengenai pemanfaatan inovasi, termasuk di dalamnya mnegenai inovasi teknologi yang diusulkan, yaitu:

Baca Lainnya :

1. API (Application Programming Interface)

2. Media Library

3. Media Luar Ruangan

4. Chat Bot

5. Blast Messaging

6. Virtual Reality

7. Auxmented Reality

8. Mixed Reality

Dalam hal pelaksanaannya, kegiatan ini dilakukan dari tanggal 13, 14, dan 15 Desember 2023. 

Adapun Kegiatan di tanggal 13 Desember 2023 berfokus untuk membuat acara FGD dengan stakeholder, LSM, aparat desa/kelurahan, dan akademisi. Acara FGD Berlokasi di Aula Kecamatan Palu Timur

Acara FGD Di awali dengan sambutan dari perwakilan BNPB Bapak M. Zakiyamani, M.Kom.

“Terimakasih terhadap warga yang telah menyempatkan diri datang di akhir tahun dengan banyak kegiatan. Kegiatan ini berfungsi untuk mencari diseminasi informasi apa yang cocok khususnya bagi Kota Palu.”

Selanjutnya acara dibuka oleh Plt. Sekertaris BPBD Kota Palu, Bapak Mohamad Issa Sunusi, ST. 

“Terimakasih telah memilih Kota Palu sebagai daerah piloting inovasi teknologi. Kita bisa sama-sama belajar baik itu survey dan diseminasi teknologi. Diharapkan setelah survey kajian tersebut dapat diaplikasikan di Kota Palu sebagai sarana menyampaikan informasi yang efektif”

Paparan dilanjutkan oleh partner BNPB, Team Leader PT Bumi Harmoni Indoguna selaku Konsultan Bapak Galih Aries Swastanto, S.Pd., M.Sc., menuturkan, “ Kegiatan inovasi teknologi ini dilakukan di Kota Palu agar mencari apa yang sesuai dengan kebutuhan dengan karakteristik Kota Palu. Sehingga akan diimplementasikan yang cocok dari 8 inovasi teknologi yang dipaparkan. Hasil Survey di Kota Palu juga berguna untuk beberapa daerah dengan karakter yang sama dengan Kota Palu (Sister City).”

Acara FGD Ditutup dengan Foto Bersama antara BPBD Kota Palu, BNPB, Konsultan PT Bumi Harmoni Indoguna, serta perwakilan Instansi-Instansi Dinas di Kota Palu.